Selasa, 01 Januari 2013

SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SATLAN



SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SATLAN

1

2
3
4
5

6
7

Topik permasalahan

Bidang bimbingan
Jenis layanan
Fungsi layanan 
Tujuan layanan / hasil yang ingin dicapai
Sasaran dan layanan
Uraian masalah
Uraian/tahap kegiatan
:

:
:
:
:


:
Siswa bingung untuk mencari keahlian dalam dirinya sendiri untuk terjun kedunia kerja
Pribadi
Konseling individual
Pemahaman dan pencegahan – pengentasan
1.    Siswa dapat memotivasi dirinya sendiri untuk menemukan keahlian dalam dirinya.

Siswa kelas XI IPA I

-       Penerimaan
-       Pembinaan hubungan baik
-       Identifikasi masalah
-       Perumusan tujuan
-       Pemilihan dan implementasi strategi / teknik konseling
-       Asesmen/pengakhiran
8
9
10
Strategi pelayanan
Tempat penyelenggara
Waktu,tanggal,semester
:
:
:
Modeling, kognitive, restrukturing
Ruang BK
08.00, 26 November 2012
11
Penyelenggara disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan peranannya
masing-masing              :   -
12

13







14

-
Alat perlengkapan yang digunakan
Rencana penilaian dan tindak lanjutan






Pihak yang diikut sertakan
Catatan khusus
:

:







:

:
-

Layjapan
-       Pengamatan/observasi
Mengamati siswa dalam meningkatkan keahlian dalam dirinya.
-       Follow Up



Ibu Hari Utami Dewi

Bagi siswa yang belum bisa menemukan keahlianya dalam dunia kerja  akan diberikan lagi layanan konseling individual.



Mengetahui
Guru Pamong


Hari Utami Dewi, S. Ag. S. Pd.

Sumenep, 26 November 2012
Pembimbing



Ridwan Rhomadani















VEARBATIM
Konselor

Klien
:

:
“Assalamu’alaikum.” (menyapa dengan sangat ramah)
“ Waalaikum salam “
ATTEDING
Konselor
Klien
Konselor
Klien
Konselor
Klien
Konselor
Klien
Konselor



Klien

Konselor


Klien
Konselor
Klien
Konselor
Klien
:
:
:
:
:
:
:
:
:



:

:


:
:
:
:
:
“ Apa kabar hari ini ? “
“ Baik “
“ Sebelumnya kita belum pernah ketemu kan ? “
“ ya. Pak “
“ Bagaimana kalau kita kenalan terlebih dahulu ?“
“ iya “
“ Namanya siapa ? “ ( mengulurkan tangan )
“Devi dinda lasmi puji utami “ ( menjabat tangan )
“ Nama saya Ridwan Rhomadani, kamu boleh memanggil saya dengan panggilan Pak. Ridwan. Kamu kelas berapa ?     (menatap dengan penuh perhatian) 
“ kelas XI IPA I Pak,(menjawab dengan sikap malu-malu)
“ sudahlah tidak usah takut ataupun malu-malu anggap saya ini temanmu, ya...!! (memberi senyum, menyentuh klien)
“ iya Pak....!! (membalas senyum)
“ kalau boleh tahu Bapak dan Ibu kamu baik ya ? “
“ iya baik Pak ....!! “ 
“ masih ada semua ya, terus kamu anak keberapa ?“
“ anak nomer dua dari empat saudara Pak ........!!







TOPIK NETRAL










Konselor

Klien
Konselor
Klien
Konselor

Klien

:

:
:
:
:

:
“ oh... baiklah kalau begitu, apakah kamu tahu kenapa saat ini kamu berada ditempat ini ? “
“ia tau Pak
 “ kamu merasa bingung ? “
“ tidak Pak .....saya tidak bingung “
 “ apakah kamu pernah ikut konseling sebelumnya?”
“ iya, Pak “






OPENING
Konselor




Klien
Konselor





Klien
:




:
:





:
“ baiklah kalua kamu pernah ikut konseling sebelumnya berarti kamu sudah tahu. Tapi ada baiknya ibu jelaskan lagi. Konseling adalah suatu proses untuk membantu kamu dalam menghadapi masalahmu. Yang penting kita sepakat bahwa semua sifatnya rahasia ya.......!! “
“ iya, Pak...!! “ 
“ namun semua itu nanti kamu harus tetap bertanggung jawab. Sedangkan waktu yang bapak miliki 45 menit. Dimana akhirnya nanti kamu membutuhkan konseling lagi, kita akan melakukan konseling lagi. Bagaimana kamu sepakat ? “
“ iya, Pak...!! “
ROLE LIMIT
Konselor
Klien

Konselor

Klien
Konselor

Klien


Konselor

Klien

Konselor

Klien


:
:

:

:
:

:


:

:

:

:

“ baiklah kalau begitu ceritakan masalahmu “
“ saya pengen tau apa keahlian saya pak karena saya pengen kerja“ 
“ owh .... kamu pengen tau apa keahliannya kamu karena kamu pengen kerja  ? “
“ iya, Pak “
“ kira-kira apa yang sedang kamu minati sekarang (dari segi pelajara) ?” 
“ Bisnis Pak tapi kendala yang saat ini masalahnya saya pengen yang serba gratis karna keadaan ekonomi saya tidak mencukupi “
“ pernahkah kamu bisnis kecil-kecilan dirumahnya kamu?“
“ pernah Pak, diantaranya jualan pulsa,trus kerajinan (Bros,jarum hias,), jual gorengan lagi pak ““trus apa yang kamu dpatkan dalm berbisnis kecil-kecilan itu?
Alhamdulillah banyak pengalaman-pengalaman yang saya dapatkan pak . 
CLARIFICATION
Konselor
























Klien
:
























:
“ Yang pertama ya tentang bagaimana cara untuk menemukan keahlian yang ada pada diri anda,  terlebih dahulu kamu harus ketahui apa minat kamu? Pelajaran apa yang kamu senangi? Trus kalau kamu sudah begitu kamu Cuma mengadopsi dan mempelajari lagi secara intensif apa-apa yang kamu minati nantinya pasti jadi keahliyan dalam diri kamu.
Yang kedua kendala dalam masalah keuangan tidak usah dijadikan masalah dalam upaya apa yang kamu inginkan untuk masa depan kamu dalam memperoleh pekerjaan, insayaallah kalau ada kemauan pasti ada jalan dulu waktu saya masih sekolah saya juga pernah mengalami seperti kamu tapi saya sendiri timbul semangat untuk berbisnis kecil-kecilan terus hasil dari berbisnis tersebut saya simpan untuk les, karna dengan les tersebut saya bisa belajar apa yang saya minati untuk dijadikan keahlian saya, tapi sekarang sudah serba mudah untuk bisa melatih keahlian dalm bekerja yaitu sekarang ada BLK (balai latihan kerja) dan itupun gratis, jadi kamu tidak usah resah lagi dalam masalah untuk mengembngkan keahlian kamu didalam duania kerja. “         ( menceritakan dengtan penuh semangat )
“ iya, Pak “



SHARING OF
EXPERIENCE

Konselor




Klien
:




:
“baiklah pada hari in kita bicara beberapa alternatif:
Pertama : kamu memiliki kemauan untuk bekerja
Kedua  : Berusahalah untuk belajar lagi dalam mencari keahliannya kamu dalam dunia kerja. Apakah kamu sepakat dengan saya ? “
“ iya, Pak “
ADVICE

Konselor

Klien
Konselor

Klien

Konselor
Klien
:

:
:

:

:
:
“ jadi saya rasa cukup konseling kita hari ini, semoga masalahmu cepat terselesaikan “ 
“ iya Pak “
“ Terima kasih “ ( senyum sambil mengulurkan tangan )
“ terima kasih juga Pak, “ ( membalas senyum dan menjabat tangan )
“ Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh “
“ Wa’alaikum Salam Warahmatullahi Wabarakatuh “
TERMINASI





Tidak ada komentar:

Posting Komentar