Rabu, 11 Juli 2012

CHECKLIST KEBIASAAN BELAJAR STUDI HABIT


CHECKLIST KEBIASAAN BELAJAR
STUDI HABIT

PETUNJUK :
  1. Dibawah ini terdapat pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan cara belajar, cara mengatur waktu, persyaratan-persyaratan belajar dan hal-hal lain yang berhubungan dengan belajar.
  2. Apa yang diminta kepada Anda adalah memberikan tanda cek (√ ) pada ruang yang disediakan, yaitu didalam tanta kurung di muka tiap-tiap persyaratan – persyaratan, yang sesuai dengan keadan anda.
  3. Berilah tanda cek (√ ) pada pernyataan-pernyataan yang sesuai dengan keadaan Anda secara jujur, agar hasilnya dapat dipakai untuk membantu Anda dalam meningkatkan cara belajar yang baik.

BERILAH TANDA (√ ) PADA PERNYATAAN – PERNYATAAN YANG SESUAI.

(              )        1.   Saya mempunyai cukup waktu belajar dirumah
(              )        2. Di rumah saya tidak mempunyai waktu yang cukup untuk belajar
(              )        3.   Saya belajar setiap hari secara teratur
(              )        4.   Saya belajar kalau ada ulangan / ujian
(              )        5.   Saya terlalu banyak membantu orang tua dirumah
(              )        6.   Saya mempunyai daftar waktu untuk belajar (time – schedule)
(              )        7.   Saya tidak mempunyai daftar waktu untuk belajar (time – schedule)
(              )        8.   Saya mempunyai kelompok belajar bersama dirumah
(              )        9.   Saya punya kamar belajar sendiri dirumah
(              )        10. Lampu ruang belajar dirumah cukup memenuhi syarat
(              )        11. Adik-adik sering mengganggu belajar saya
(              )        12. Kakak sering mngganggu belajar saya
(              )        13. Teman-teman sering mengganggu belajar saya
(              )        14. Suara bising diluar sering mengganggu belajar saya
(              )        15. Saya biasa tidur siang
(              )        16. Saya tidak biasa tidur siang
(              )        17. Di rumah saya mempunyai kegiatan olah raga, organisasi atau kegiatan lain selain membantu orang tua
(              )        18. Biasanya bahan-bahan belajar yang sulit saya pelajari lebih dulu kemudian bahan-bahan yang ringan
(              )        19. Saya tidak merencanakan bahan apa yang harus saya pelajari
(              )        20. Saya selalu merencanakan bahan apa yang harus saya pelajari
(              )        21. Saya merasa kurang cocok terhadap bidang studi atau gugus yang saya pilih
(              )        22. Saya merasa cocok dengan bidang studi atau gugus yang pilih
(              )        23. Orang tua saya merencanakan atau menentukan bidang studi yang saya pilih atau saya ambil
(              )        24. Saya bersama orang tua menentukan bidang studi yang saya pilih
(              )        25. Ada beberapa pelajaran yang sulit saya ikuti
(              )        26. Saya cepat mengikuti system pendidikan disekolah
(              )        27. Saya sulit mengikuti system pendidikan disekolah
(              )        28. Saya tidak mengerti system pendidikan disekolah ini
(              )        29. Alat-alat belajar selalu tidak mencukupi dan tidak terbeli
(              )        30. Uang SPP selalu mengganggu belajar saya
(              )        31. Alat-alat pelajaran disekolah sangat membantu belajar saya
(              )        32. Orang tua / wali saya sangat memperhatikan penggunaan waktu belajar saya dirumah
(              )        33. Orang tua / wali saya tidak memperhatikan penggunaan waktu belajar saya dirumah
(              )        34. Orang tua / wali saya kadang-kadang memperhatikan penggunaan waktu belajar saya dirumah
(              )        35. Saya belajar kalau mendapat teguran dari orang tua / wali saya
(              )        36. Saya belajar karena darongan dan kebutuhan saya sendiri
(              )        37. Saya belajar karena dorongan dari teman
(              )        38. Saya tidak mengetahui manfaat pelajaran yang saya ikuti
(              )        39. Saya kurang jelas apa manfaat beberapa pelajaran yang saya ikuti
(              )        40. Buku-buku pelajaran saya tidak lengkap
(              )        41. Buku-buku pelajaran saya cukup lengkap
(              )        42. Catatan saya cukup lengkap
(              )        43. Catatan saya kurang lengkap
(              )        44. Saya tidak begitu berminat terhadap buku-buku pelajaran
(              )        45 Saya sulit memahami buku-buku pelajaran
(              )        46. Saya sering membaca-baca buku di perpustakaan
(              )        47. Saya jarang membaca-baca buku di perpustakaan
(              )        48. Saya tidak pernah membaca-baca buku di perpustakaan
(              )        49.Saya tidak pernah bertanya kepada bapak / ibu guru tentang pelajaran
(              )        50. Saya sering bertanya kepada bapak / ibu guru tentang pelajaran
(              )        51. Saya kadang-kadang bertanya kepada bapak / ibu guru tentang pelajaran
(              )        51. Saya sering bertanya pada teman tentang pelajaran
(              )        53. Saya tidak pernah bertanya pada teman tentang pelajaran
(              )        54. Saya jarang sekali bertanya pada teman tentang pelajaran
(              )        55. Di rumah ada yang membantu saya dalam mengerjakan tugas
(              )        56. Di rumah tidak ada yang membantu saya dalam mengerjakan tugas
(              )        57. Saya senang belajar di kelas
(              )        58. Saya tidak suka belajar di kelas
(              )        59. Saya selalu mengerjakan tugas sendiri
(              )        60. Saya pernah mencontek pada waktu ujian
(              )        61. Saya tidak pernah mencontek pada waktu ujian
(              )        62. Saya kadang-kadang mencontek pada waktu ujian
(              )        63. Saya selalu teliti dalam mengerjakan soal ujin
(              )        64. Saya pernah mendapat nilai jelek “merah”
(              )        65. Saya selalu bisa menjawab jika ditannya guru
(              )        66. Saya selalu konsentrasi dalam mengikuti penjelasan guru
(              )        67. Saya kurang bisa berkonsentrasi dalam megikuti penjelasan guru
(              )        68. Saya sering melamun didalam kelas
(              )        69. Saya kadang-kadang melamun didalam kelas
(              )        70. Saya selalu mempelajari / membaca buku ketika ada waktu luang
(              )        71. Jika ada waktu luang saya gunakan untuk bermain, ngobrol dengan teman, olah raga
(              )        72. Saya bosan belajar didalam kelas
(              )        73. Saya ingin belajar di luar kelas

JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT INI UNTUK MELENGKAPI KETERANGAN  DIATAS !

  1. Berapa jamkah rata-rata dalam satu hari Anda menggunakan waktu untuk belajar :
Siang hari sepulang sekolah :
…………….jam, dari jam…………….., sampai jam………….

  1. Apakah anda memerlukan keterangan cara-cara belajar yang baik :
YA………..; TIDAK……….(berilah tanda silang (X) pada ruang dibelakang “YA” bila memerlukan, dan dibelakang TIDAK bila tidak memerlukan ).
Bila memerlukan , masalah-masalah apa yang anda pilih :
(             )   1. Cara belajar yang efektif
(             )   2. Cara menghafal yang efektif
(             )   3. Cara membaca yang efektif
(             )   4. Cara mempelajari jenis-jenis tertentu
(             )   5. Cara membuat rangkuman
(             )   6. Cara merangkum
(             )   7. Cara mengatasi malas belajar
(             )   8. Lain-lainnya (sebutkan / tuliskan)

1 komentar: